Sunday, August 12, 2012

Ambigu Tentang Arti Simbol di Kepala Teletubbies

Assalamu'alaikum Wr. Wb. :D
Bismillahirahmanirrahim, beberapa kali mentor belakangan ini ane dkk plus astor ngebahas tentang illuminati dan freemason, gak tau kenapa saking luasnya yang kita omongin, ampe nyampe ke teletubbies XD Oiya, sebenernya tema umumnya sih Ghouwzul Fiqr atau Perang Pemikiran. Kali ini ane mau bahas soal arti simbol dikepala para tubbie. Yap! Kartun anak-anak dengan 4 karakter utama, yaitu tingky-wingky, dipsy, lala, dan po. Mereka semua memiliki postur yang gendut sesuai dengan arti dari kata tubby yaitu gendut (tubbies: jamaknya). Masing-masing dari mereka berwarna-warni(?) dan memiliki barang favorit yang berbeda. Disalah satu blog dijelaskan bahwa Teletubbies ternyata menstigma anak2 kecil mengenai pandangan orang2 dewasa Barat mengenai kelompok minoritas, atau biasa diistilahkan The Others. Segala hal di dunia selalu berposisi biner: cowo-cewe, terang-gelap, tinggi-rendah, cakep-jelek, dll… Kelompok pertama (cowo, terang, tinggi, cakep, dll) merupakan kelompok The Selfkelompok yang diberi privilege, di-cap sebagai sesuatu yang superior.. sementara kelompok kedua (cewe, gelap, rendah, jelek, dll) biasa disebut The Others, yaitu representasi terburuk dari posisi biner.
Sebelumnya maaf apabila ada pemilihan kata yang kurang sopan dalam postingan kali ini. Let's start.-.



TINGKY-WINGKY~
Tingky-wingky digambarkan sebagai sosok dengan badan yang paling tinggi dan besar, suaranya pun menggambarkan dengan jelas bahwa dia adalah pria, plis jgn sebut dia ikhwan-...- Seperti gambar diatas, tingky-wingky memilik antena berupa simbol berbentuk segitiga terbalik, taukah kamu? Jika maskulinisme dilambangkan dengan segitiga tegak/piramid, maka hal yang sebaliknya berlaku untuk kelompok gay, mereka dilambangkan dengan simbol segitiga terbalik, seperti yg ada pada antena tingky-wingky. Lambang tersebut dipopulerkan oleh Nazi pd zaman PD II, lambang tersebut wajib digunakan oleh semua orang (terutama yahudi) yang dituduh/diduga/terbukti memiliki kelaian seks, yaitu homoseksual. Selain itu, badan tingly-wingky yang berwarna ungu, yang disebut-sebut sebagai warna kebanggan kaum homoseksual, dan barang favoritnya berupa tas kulit merah dan rok tutu semakin menguatkan dugaan terhadap anggapan mengenai arti dari simbol diantenanya.

DIPSY
Dipsy merupakan karakter selanjutnya yang menggambarkan sosok pria dengan kulit hitam, badan berwarna hijau, dan memiliki barang favorit berupa topi tinggi. Taukah kamu? Simbol yang ada pada antena dikepala Dipsy (tegak lurus) merupakan penggambaran dari pria afro yang memiliki kulit hitam dan menurut pandangan orang-orang barat merupakan eksibisionis yaitu tidak malu menunjukan alat kemaluan mereka. Selebihnya bisa disearch sendiri karena ane jg agak jijik bahasnya-_-v

LALA
Yang ketiga lala, menyedihkan karena lala adalah karakter favorit saya (sebelum saya tau semua ini wkwk). Lala digambarkan sebagai sosok wanita, jangan sebut akhwat-..- Dia memiliki antena lambda, memiliki badan berwarna kuning dengan kulit putih dan barang favoritnya yaitu bola berwarna oranye (dulu ane punya-_-). Disebutkan bahwa lala merupakan kebalikan dari sosok tingky-wingky, yap! Lala menggambarkan kaum lesbian, lambda sendiri merupakan lambang dari para kaum lesbian. Sedangkan bola itu sendiri menurut anggapan barat mengenai sosok wanita lesbian yg kekar dan macho (Bola adl ikon dr segala hal yg bersifat jantan).

PO
Yang terakhir adalah si kecil po-_- Memiliki badan mini berwarna merah, kulit putih (seperti org asia), dan scooter adalah barang favoritnya. Po merupakan gambaran dari sosok orang asia, terbukti saat ngomong 'scooter!' pronounce yang dikeluarkan adalah 'skuta!' yang merupakan cara pengucapan orang Cina atau Jepang. Menurut tradisi asia, bentuk seperti yg dilambangkan pada antena po berarti Gerbang Keberuntungan. Skuter disini menggambarkan orang-orang asia yang mobilisasi-nya cepet dan senang cari untung. Dalam konteks karakter po ini, oranga asia jg dicap sebagai orang yang keras kepala dan gak mau balik ke negara asal mereka. Buktinya? Po merupakan karakter yang paling bandel dari semua teletubbies, dalam beberapa episode diceritakan po yang gak pernah nurut sama panggilan dari pipa  yang biasa bersuara 'saatnya pulang!'.

Note: kira-kira itulah sedikit banyak mengenai arti simbol dalam antena dikepala teletubbies, kartun favorit anak-anak yang terkenal pada tahun 1992-1995. jagalah anak-anak muslim dunia khususnya di Indonesia dari tontonan yang tidak seharusnya. wassalamu'alaikum wr. wb :)


@azmiiaz

1 comments:

Unknown said...

Wah... Iron Man make lambang segitiga kebalik tuh... hehe..